BRANDING
Branding adalah nama, tanda, istilah, simbol, desain,
kata atau kombinasi dari hal-hal tersebut yang ditujukan untuk mengidentifikasi
dan membedakan antara produk dan jasa yang satu dengan yang lain. Tujuan
Branding :
- Identitas
- Mampu menyampaikan pesan dengan jelas
- Memastikan kredibilitas anda
- Mampu menghubungkan target pasar atau konsumen secara emosional
- Mampu menggerakkan atau memotivasi konsumen
- Memastikan terciptanya kesetiaan pelanggan
Proses Branding
Proses desain untuk branding harus memperhatikan orientasi dan menganalisis konsep dari desain itu sendiri. Proses branding adalah salah satu yang rumit, karena menuntut kolaborasi antara pemasaran, kreatif, dan professionalitas. Dalam branding dikenal juga istilah brand activation yaitu kegiatan yang akan meningkatkan minat mencoba atau membeli pada sebuah brand. Lalu ada juga istilah loyalitas brand, yaitu sebuah brand harus membuat konsumennya loyal dengan brand tersebut.
Strategi Branding
Dalam branding, strategi diperlukan untuk bersaing dengan brand yang lain. Strategi ini sangat menentukan keberhasilan suatu brand termasuk kualitas, produk dan layanan brand tersebut. Misalnya, suatu branding dapat menyampaikan pesan dengan jelas, dapat memotivasi pembeli dan menciptakan kesetiaan pelanggan.
Penamaan brand
Dalam penamaan brand, harus perhatikan beberapa faktor diantaranya :
1. Sesuai dengan target pasarnya
2. Terasosiasi oleh differensiasi
3. Usahakan hindari singkatan konsonan dan juga angka
4. Buat brand yang agak aneh atau “nyeleneh”
5. Mudah diucap dan diingat
Jenis Brand
- Text Only
- Name/Symbol
- Initial Letter
- Pictorial Names
- Allusive
- Associative Logo
- Personal/Karakter
contoh branding :



Dibawah ini adalah contoh dari brand yang kelompok kami buat :
CodeDraw adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi berfokus pada front end UX UI. Melayani jasa pembuatan desain web dan desain android.
Kelompok 3 :
- Khian R
- Lungguh Syam P
- Puja Putralaksana
- Rahmat Burhanudin
- Raka Gilang P
- Identitas
- Mampu menyampaikan pesan dengan jelas
- Memastikan kredibilitas anda
- Mampu menghubungkan target pasar atau konsumen secara emosional
- Mampu menggerakkan atau memotivasi konsumen
- Memastikan terciptanya kesetiaan pelanggan
Proses Branding
Proses desain untuk branding harus memperhatikan orientasi dan menganalisis konsep dari desain itu sendiri. Proses branding adalah salah satu yang rumit, karena menuntut kolaborasi antara pemasaran, kreatif, dan professionalitas. Dalam branding dikenal juga istilah brand activation yaitu kegiatan yang akan meningkatkan minat mencoba atau membeli pada sebuah brand. Lalu ada juga istilah loyalitas brand, yaitu sebuah brand harus membuat konsumennya loyal dengan brand tersebut.
Strategi Branding
Dalam branding, strategi diperlukan untuk bersaing dengan brand yang lain. Strategi ini sangat menentukan keberhasilan suatu brand termasuk kualitas, produk dan layanan brand tersebut. Misalnya, suatu branding dapat menyampaikan pesan dengan jelas, dapat memotivasi pembeli dan menciptakan kesetiaan pelanggan.
Penamaan brand
Dalam penamaan brand, harus perhatikan beberapa faktor diantaranya :
1. Sesuai dengan target pasarnya
2. Terasosiasi oleh differensiasi
3. Usahakan hindari singkatan konsonan dan juga angka
4. Buat brand yang agak aneh atau “nyeleneh”
5. Mudah diucap dan diingat
Jenis Brand
- Text Only
- Name/Symbol
- Initial Letter
- Pictorial Names
- Allusive
- Associative Logo
- Personal/Karakter
contoh branding :
Dibawah ini adalah contoh dari brand yang kelompok kami buat :
CodeDraw adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi berfokus pada front end UX UI. Melayani jasa pembuatan desain web dan desain android.
Melambangkan sebuah pensil bertuliskan sebuah
gelombang karena dalam sebuah kodingan menggambarkan naik turunnya motivasi
dalam bekerja. Dan juga mengerjakan kodingan itu pasti ada kesalahan yang
terjadi. Lalu ada tanda <> yang bermaksud hampir semua bahasa itu terdapat
tanda tersebut sebagai awal dan akhir komentar. Lalu tulisan Code yang berwarna
agak kemerahan yang melambangkan keberanian. Lalu draw yang melambangkan
motivasi dalam melakukan aktivitas mengoding
1. Sesuai dengan target pasarnya
Target pasarnya adalah developer backend
2. Terasosiasi oleh differensiasi
Orang2 langsung ngeh melihat CodeDraw yang artinya mendisain menggunakan code, berarti kita fokus ke Front End UX UI
3. Usahakan hindari singkatan konsonan dan juga angka
Tidak ada singkatan pada branding kita
4. Buat brand yang agak aneh atau “nyeleneh”
Brand kita memang unik
5. Mudah diucap dan diingat
Brand kita sangat mudah di ingat
Target pasarnya adalah developer backend
2. Terasosiasi oleh differensiasi
Orang2 langsung ngeh melihat CodeDraw yang artinya mendisain menggunakan code, berarti kita fokus ke Front End UX UI
3. Usahakan hindari singkatan konsonan dan juga angka
Tidak ada singkatan pada branding kita
4. Buat brand yang agak aneh atau “nyeleneh”
Brand kita memang unik
5. Mudah diucap dan diingat
Brand kita sangat mudah di ingat
sumber :
http://www.slideshare.net/ArumMartikasari/brand-12304720
https://jennimahasiswaupnyk.wordpress.com/2012/04/27/brand-and-branding/
http://dkv-unpas.blogspot.co.id/2010/03/berbagai-jenis-dasar-logo-elemennya.html
http://dkv-unpas.blogspot.co.id/2010/03/berbagai-jenis-dasar-logo-elemennya.html
Kelompok 3 :
- Khian R
- Lungguh Syam P
- Puja Putralaksana
- Rahmat Burhanudin
- Raka Gilang P
Comments
Post a Comment